Trending

Giffa Khoirul Insy Penting nya Literasi Moral Untuk Milenial Menuju indonesia Emas

 

perempuannusantara.com Saya salah satu generasi muda Indonesia. Saya dapat melihat dan merasakan banyak sekali dampak dari menurunnya rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda saat ini. Seiring berjalannya waktu,rasa cinta tanah air pada generasi muda Indonesia sudah mulai berkurang. Apalagi di era globalisasi ini,bangsa Indonesia di landa oleh banyak krisis,di tengah situasi global yang tidak menentu,termasuk krisis rasa cinta terhadap tanah air oleh generasi mudanya sendiri.keterangan Giffa Khoirul Insy Siswa SMK Darus Syafaah kota gajah Lampung Tengah 24/ 8/2023.

Salah satu faktor utama karena, kurangnya Literasi moral dan etika generasi muda Indonesia Sehingga Memicu Kurangnya rasa cinta tanah air dapat menimbulkan berbagai macam tindak kriminal yang di lakukan oleh generasi muda. Dampak yang dapat terjadi di kalangan generasi muda seperti, tawuran pelajar,balap liar,kurangnya rasa toleransi sesama,melakukan tindak kriminal seperti mem-bully,mencuri,bahkan sampai membunuh. Rendahnya moral dan etika inilah yang menyebabkan menurunnya rasa cinta tanah air. Padahal seharusnya generasi muda Indonesia adalah tiang masadepan bangsa,yang di harapkan mampu menjaga dan melestarikan Bangsa, Bahasa, dan Budaya negeri Indonesia ini.

Salah satu upaya untuk menumbuhkan dan memperbaiki kembali rasa cinta tanah air dapat di terapkan di jenjang Pendidikan. Mengapa? Karena,jenjang Pendidikan adalah salah satu upaya terbesar untuk membentuk dan merubah maindset (pola fikir),moral serta etika generasi muda. Upaya yang dapat di lakukan tenaga pendidik adalah dengan membuat program-program yang dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa.Seperti yang telah di lakukan riset di Smk Darusy Syafa’ah Kotagajah,Lampung Tengah,dengan mengedepankan program-program seperti 5S+5R,berjalan di jalur hijau,dan peraturan industri serta program-program lainnya. Upaya ini bertujuan menjadikan pelajar memiliki habits (kebiasaan) yang disiplin,moral dan etika yang baik. Hal tersebut dapat menjadi tahap awal untuk membantu menumbuhkan rasa cinta tanah air di kalangan generasi muda Indonesia.

Di hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-78 ini,harapan saya, Indonesia dapat membentuk dan melahirkan generasi muda saat ini dan yang akan datang,menjadi generasi yang dapat terus berkembang dengan memegang teguh dasar negara Indonesia serta mempertahankan Bangsa,Bahasa, dan Budaya Indonesia Serta menuju indonesia Emas 2045. ( PNT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button