IDPFEST 2023: Ekki Soekarno Mempromosikan Kesetaraan Gender dalam Musik

IDPFest 2023 Dibuka Oleh Ganjar Pranowo Dan Hilman Farid

Jakarta, Perempuannusantara | Perjuangan panjang Ekki Soekarno dalam mengembangkan event Indonesia Drummer & Perkusi Festival (IDPFEST) telah membuahkan hasil yang membanggakan. Hal ini terlihat pada penyelenggaraan IDPFEST ke-7 yang berlangsung di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki pada Sabtu (15/7/2023). Acara tersebut diresmikan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Hilmar Farid, serta dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah yang juga merupakan calon presiden pada pemilu 2024, Ganjar Pranowo.

IDPFEST 2023: Ekki Soekarno Mempromosikan Kesetaraan Gender dalam Musik“Syukur Alhamdulillah, Pak Ganjar dan Pak Hilmar Farid berkenan hadir untuk membuka acara kebanggaan kami. Kehadiran tokoh nasional dan pejabat ini memberi semangat kepada kami untuk terus bekerja keras agar IDPFEST semakin besar dan bermakna bagi masyarakat Indonesia,” ujar Ekki Soekarno dengan nada terharu usai acara di belakang panggung.

IDPFEST yang digelar di Teater Kecil dan Besar Taman Ismail Marzuki (TIM) berhasil mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Saat dilakukan pertunjukan parade musik oleh musisi drum dan perkusi dari seluruh Indonesia yang dipandu langsung oleh Ekki Soekarno, semangat dan kegembiraan musik mengisi ruang teater.

IDPFEST 2023: Ekki Soekarno Mempromosikan Kesetaraan Gender dalam MusikGanjar Pranowo, saat membuka acara IDPFEST 2023 dengan memukul drum besar, mengungkapkan, “Saya punya cita-cita menjadi pemain drum, tapi sampai saat ini belum bisa memainkannya. Akhirnya, saya membelikan drum untuk anak saya. Harapannya, keinginan saya untuk bermain drum dapat diturunkan kepada anak saya.”

Salah satu perbedaan pada IDPFEST tahun ini adalah pihak panitia telah menyiapkan penghargaan khusus untuk para drummer legendaris, antara lain Jimmy Manopo, Yaya Muktio, Keenan Nasution, Rini Asmara, Jelly Tobing, Johny Swandi, dan Asido Panbers. Pada kesempatan tersebut, para legenda tersebut diberikan kesempatan untuk menunjukkan keahlian mereka dalam memainkan drum.

“Ini salah satu penghargaan saya kepada para legenda yang telah mengabdikan diri mereka sebagai musisi drum,” ujar Ekki Soekarno sambil memberikan penghargaan khusus kepada para drummer legendaris Indonesia.

Selain itu, acara IDPFEST 2023 juga menghadirkan David Ozora, seorang korban peristiwa penganiayaan yang terjadi beberapa waktu lalu. Ternyata, David Ozora sangat menyukai alat musik drum. Ketika dirinya sakit, Ekki Soekarno sempat menjenguk dan memberikan stik drum untuknya. Selama dirawat, David memainkan stik drum tersebut dengan harapan bisa menjadi seorang pemain drum profesional.

“Semangat David Ozora untuk sembuh dan cintanya terhadap drum ini menjadi motivasi bagi saya untuk memberikan penghargaan kepadanya. Insyaallah, tahun depan David Ozora bisa tampil memainkan drum di acara ini,” tambah Ekki Soekarno.

Pagelaran drum dan musik perkusi pada sore itu dilakukan sebanyak dua kali. Pada penampilan kedua, Ekki Soekarno dan panitia IDPFEST 2023 mempersembahkan parade musik khusus untuk menghormati kehadiran Ganjar Pranowo. Di akhir pertunjukan, seluruh pengisi acara parade musik, termasuk musisi drum legendaris, berfoto bersama Ganjar Pranowo.

Melalui IDPFEST 2023, Ekki Soekarno berhasil mempromosikan kesetaraan gender dalam musik, memperlihatkan kepada masyarakat bahwa perempuan juga mampu menjadi pemain drum dan berkontribusi dalam dunia perkusi. Acara ini menjadi wadah bagi musisi perempuan untuk menunjukkan bakat dan keterampilan mereka serta membantu memperkuat gerakan feminisme dalam industri musik Indonesia. (PR/Dewi) | Foto: Fajar

Editor: Fajar Irawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button