IKA Teladan Kerjasama Bareng RSCM Gelar Giat Donor Darah Di SMAN 3 Jakarta

Jakarta, perempuannusantara.com | Turut membantu kebutuhan darah yang sangat tinggi di RSCM Jakarta, IKA Teladan (Ikatan Keluarga Alumni SMAN 3 Jakarta) bekerjasama dengan RSCM menggelar bakti alumni berupa giat Donor Darah yang diperuntukan untuk keluarga besar IKA Teladan serta masyarakat umum, di SMAN 3, Setiabudi, Jakarta, Sabtu (26/3/20220 lalu.

‘Kebutuhan darah di RSCM sangat tinggi, untuk itu kami membutuhkan donor darah dari masyarakat luas. Kebetulan Ikatan Alumni SMA Negeri 3 Jakarta merespon. Alhamdulillah banyak alumni SMAN 3 Setiabudi Jakarta yang donor darah,’ ujar dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS, Direktur Utama RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang juga merupakan alumni SMAN 3 Jakarta angkatan’81 (381 IKA Teladan), ditengah tengah giat Donor Darah.

Ki-Ka: Ade Surydi, Evo Meirita, dr. Lies Dina Liastuti dan Boyke Soebroto

Boyke Soebroto selaku Wakil Ketua IKA Teladan periode 2021-2024, mendukung penuh giat Bakti Alumni yang digagas rekan-rekannya sesama alumni SMA Negeri 3 Jakarta (IKA Teladan).

Boyke Soebroto

“Pengurus mengapresiasi dan mendukung kegiatan bakti alumni menggelar kegiatan Donor Darah. Apalagi menurut Dirut RSCM, setiap bulannya membutuhkan banyak donor darah.’ Ujar Boyke Soebroto.

Sebagai bagian dari IKA Teladan Angkatan 86, Brigjen TNI Arkamelvi Karmani (386), Direktur Latihan Kodiklat TNI yang ikut menjadi peserta donor darah, turut menyambut baik kegiatan donor darah yang dilakukan rekan sejawatnya sesama Alumni SMA Negeri 3 Jakarta.

Brigjen TNI Arkamelvi Karmani, Direktur Latihan Kodiklat TNI

‘Tentu saya sebagai alumni SMAN 3 Jakarta, sangat mendukung kegiatan donor darah ini, membantu sesama bisa apa saja termasuk donor darah. Saya berharap kegiatan ini dilakukan 3 bulan sekali,’ ujar Brigjen TNI Arkamelvi Karmani.

Evo Meirita (383) selaku Ketua Bidang Kegiatan di Kepengurusan IKA Teladan, periode 2021 – 2024, mengatakan, jika kegiatan Donor Darah ini baru dilakukan untuk pertama kalinya namun merupakan kegiatan yang kedua yang dilakukan oleh Kepengurusan IKA Teladan periode 2021-2024, setelah sebelumnya sukses menggelar “Sentra Vaksinasi Booster Keluarga Besar Alumni SMAN 3 Jakarta” pada 19 Februari lalu.

‘Kegiatan donor darah ini untuk pertama kali lakukan oleh Kepengurusan IKA Teladan 2021-2024. Meski dilakukan secara mendadak, tapi direspon sangat baik oleh temen-temen anggota. Target kami 50 anggota, tapi Alhamdulillah yang mendaftar 76 orang, dan yang diperbolehkan untuk donor ada 67 orang,’ papar Evo Meirita.

“Jadi ini inisiasinya dari RSCM dan kebetulan Direktur Utama RSCM itu adalah angkatan 381 Kak Lies Dina sehingga beliau minta kerjasama dengan IKA Teladan untuk mengerjakan Donor Darah.”, lanjut Evo.

Meski waktunya memang mepet banget, dari sejak di info hingga pelaksanaan cuma punya waktu 8 hari, beruntung kita punya team humas yang luar biasa dan kerja panitia juga intens sehingga bisa melampau target 50 peserta yang disyaratkan RSCM”, jelas Evo Meirita.

Evo Meirita dan Ade Suryadi

Senada dengan Evo Meirita, Ade Suryadi (386) selaku Ketua Panitia  Bakti Alumni Donor Darah SMAN 3 Jakarta,  mengatakan, meski waktunya mepet tapi temen temen di IKA Teladan memang sudah terbiasa bekerja sama dalam beragam kegiatan, jadi Alhamdulillah bisa dikerjakan dengan baik.

“Kegiatan ini karena temen temen sudah terbiasa buat kegiatan cepat, sekalipun ini tantangan, hari Jumat baru dikasih tahu, hari Senin ketemu, hari Sabtunya pelaksanaan.”, cetus Ade Suryadi, Ketua Bidang Pendidikan dan Sosial di Kepengurusan IKA Teladan periode 2021-2024 sekaligus Ketua Panitia Donor Darah di SMAN 3 .

“Target 50 peserta, karena memang batas minimal pelaksanaan donor darah dari RSCM itu minimal 50 orang. Tapi Alhamdulillah dari target 50 orang ternyata ada 76 yang terdaftar dan yang bisa melaksanakan donor darah ada 67 orang. Biasa sekitar 10 % gagal dondar karena screeningnya gak lolos.”, beber Ade yang juga menjadi Wakil Ketua bidang Organisasi di kepengurusan Koperasi IKA Teladan.

Evo Meirita

Kembali menurut Evo, kedepannya, kegiatan donor darah seperti ini akan dilakukan 3 bulan sekali, dengan begitu IKA Teladan SMAN 3 Jakarta bisa terus membantu sesama yang membutuhkan donor darah.

‘Insya Allah kami akan menggelar kegiatan donor darah tiga bulan sekali, sesuai harapan Dirut RSCM tadi,’ pungkas Evo Meirita. (Fjr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button