Ilmu Sebagai Kunci Menuju Kebahagian Dunia dan Akhirat, Lintal Muna.

perempuannusantara.com  . Ilmu merupakan kunci sebuah kebahagiaan, kebaikan, serta pengetahuan. Kita harus selalu berusaha untuk mempelajari sebuah ilmu, baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat dengan tujuan agar ilmu tersebut dapat bermanfaat untuk dirinya dan juga untuk orang lain.

Dari segi akal, ilmu itu sesuatu yang utama. Karena dengan ilmu manusia sampai kepada Allah SWT dan menjadi dekat dengan-Nya.
Dengan ilmu manusia bisa memperoleh kebahagiaan abadi dan kenikmatan yang kekal. Ilmu menumbuhkan kemuliaan di dunia dan diakhirat.
Ilmu dunia berfungsi untuk memudahkan dalam hidup di dunia, sedangkan untuk ilmu akhirat dicari agar manusia tidak tersesat dalam sebuah kebatilan, karena manusia sejatinya tujuan akhirnya adalah akhirat, sehingga untuk mencapai akhirat harus belajar ilmu agama.
Keutamaan orang yang menuntut ilmu, dalam al-Qur’an Allah berfirman :
Surat al-mujadalah ayat 11
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ – ١١

Artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha teliti apa yang kamu kerjakan.”

Ilmu dalam pandangan Islam adalah suatu kebutuhan yang harus diraih oleh setiap muslim. Karena dari ilmu manusia dapat mengetahui hakekat kebenaran.
Ilmu adalah bekal untuk taat, menyembah, mengajarkan dan( hanya) takut kepada Allah SWT. Ilmu adalah imam dan amal sebagai makmumnya. Maka berbahagia dan beruntunglah orang-orang yang diberikan ilmu.
Adapun keutamaan ilmu ditunjukkan oleh sabda Rasul Shalallahu alaihi wa sallam:
ان الملائكة لتضع اجنحتها لطالب العلم رضا بما يصنع
Artinya:
“Sesungguhnya para malaikat merendahkan sayap-sayapnya bagi penuntut ilmu karena ridla dengan apa yang dilakukannya.”

Oleh sebab itu kedudukan ilmu dalam pandangan Islam menurut ulama berdasarkan Al Quran dan hadits adalah wajib.( 27/6/2022

Lintal Muna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button