Kapolda Sultra Lantik 267 Bintara Remaja Hasil Diktukba Polri Gelombang II TA.2023

Terbagi dalam 13.226 Ba Polisi Tugas Umum, 500 Ba Brimob, 100 Ba Polair, 1.497 Ta Brimob, dan 96 Ta Polair.

Sultra, PerempuanNusantara – Setelah menjalani pendidikan selama kurang lebih 5 bulan, akhirnya 267 siswa SPN Polda Sultra Angkatan ke-50/Abhinaya Purusottama pada tanggal 21 Desember 2023 dilantik dan diambil sumpahnya sebagai anggota Polri dengan pangkat Bripda oleh Inspektur Upacara Kapolda Sultra Irjen Pol. Drs. Teguh Pristiwanto.

Dalam upacara tersebut, Kapolda membacakan amanat Kalemdiklat Polri yang menekankan bahwa dengan selesainya pendidikan Bintara dan Tamtama di seluruh Lemdik Polri, maka Polri telah menambah Bintara dan Tamtama sejumlah 15.419 orang yang terdiri dari 14.771 polisi laki-laki dan 648 polisi wanita.

Jumlah tersebut terbagi dalam 13.226 Ba Polisi Tugas Umum, 500 Ba Brimob, 100 Ba Polair, 1.497 Ta Brimob, dan 96 Ta Polair. Ditambahkan pula oleh Kapolda, mulai hari ini telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggungjawab sebagai Bhayangkara negara dimana setiap sikap, tutur kata, dan perilaku akan menjadi tauladan bagi masyarakat.

Kapolda Sultra lantik 267 Bintara remaja./dok.Polda Sultra

Diimbuhkan pula bahwa tugas Polri semakin berat dan kompleks ke depannya, dimana kondisi ini dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan strategis yang sangat pesat, ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Apalagi, Indonesia saat ini menjelang Pemilu sehingga dituntut sosok Polri yang proaktif melalui berbagai upaya preemtif, preventif, maupun penegakan hukum, sehingga kamtibmas dapat terus terjaga serta masyarakat merasa aman dan nyaman dalam melakukan aktifitas kehidupannya sehari-hari,” tegas Kapolda Sultra.

Pada kesempatan upacara tersebut, Kapolda memberikan penghargaan kepada tiga Bintara Remaja berprestasi yaitu dari Aspek Cendekia (terbaik akademik) diberikan kepada Bripda Rafly Ahnaf Febriansah asal pengiriman Polres Muna, Aspek Tanggon (tertabah) diberikan kepada Bripda Muh. Albustanul Atfal asal pengiriman Polres Bau-Bau, dan Aspek Trengginas (terbaik jasmani) diberikan kepada Bripda Susilo Mappoji asal pengiriman Polres Konawe.

Di akhir upacara, diberikan pula buket bunga oleh PJ Ketua Bhayangkari Daerah Sultra, Ny. Yuli Dwi Irianto kepada dua Bintara Remaja yang selama pendidikan ditinggal orangtuanya karena meninggal dunia.

PJ Ketua Bhayangkari Daerah Sultra, Ny. Yuli Dwi Irianto beri bunga kepada dua Bintara Remaja yang selama pendidikan ditinggal orangtuanya karena meninggal dunia./dok.Polda Sultra

Dalam suasana yang haru tersebut, Ibu Yuli Dwi Irianto menyampaikan pesan kepada Bripda Arya Bimantara asal pengiriman Kota Kendari yang pada tahun 2007 ditinggal ayahnya Bripda Kiky Pepsy karena meninggal dunia dan disusul pada bulan September lalu ibunya almarhumah Agustiani, serta kepada Bripda Asri Jaya asal pengiriman Polres Kolut yang ayahnya H. Rasakke meninggal dunia tiga hari sebelum penutupan pendidikan, untuk tetap tegar dan kuat dalam menghadapi situasi apapun, karena mereka sudah memenuhi janjinya untuk dapat lulus dalam pendidikan ini.

Mengakhiri rangkaian penutupan pendidikan tersebut, pada hari Jumat tanggal 22 Desember 2023, ke-267 Bintara Remaja dilepas oleh Ka SPN Polda Sultra Kombes Pol Arri Vaviriyantho bersama ibu Kecab Bhayangkari SPN Polda Sultra Ny. Dita Arri, bersama Pejabat Utama, staf dan bhayangkari SPN Polda Sultra menuju Polda Sultra untuk diserahkan kepada Biro SDM Polda Sultra guna menerima Skep Penempatan dan surat cuti pendidikan.

Ka SPN Polda Sultra Kombes Pol Arri Vaviriyantho lepas 267 Bintara remaja ke Polda Sultra./dok.Polda Sultra

Dalam kesempatan ini, Kombes Pol Arri Vaviriyantho menyampaikan kepada para Bintara Remaja untuk bekerja dengan ikhlas, cerdas, dan tuntas, karena mulai saat ini mereka adalah sosok mandiri yang harus bisa menentukan langkah dalam mengembangkan karir ke depannya.

“Selain itu, jangan turunkan martabat Kepolisian hanya karena berbuat tindakan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” tukas Kombes Pol Arri Vaviriyantho. red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button