Trending

Kemen PPA Bersama Women’s World banking Ciptakan jalur bagi Perempuan di dunia Kerja

 

perempuannusantara.com Bali – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bersama dengan Women’s World Banking menyelenggarakan program pelatihan ‘Building Pathway for Women In Workforce’ yang ditujukan bagi para pimpinan ataupun perwakilan dari berbagai Kementerian/Lembaga (K/L) dalam upaya menghadirkan kesetaraan gender. Pelatihan tersebut dilaksanakan dengan metode hybrid dengan pertemuan tatap muka selama 4 (empat) hari pada 29 Januari – 1 Februari 2o24 di Nusa Dua, Bali, kemudian dilanjutkan dengan sesi coaching/konsultasi serta evaluasi.

 

“Ketimpangan dan ketidaksetaraan gender yang terjadi pada perempuan di dunia kerja masih dirasakan. Hal yang sering dialami dan dirasakan oleh perempuan dalam lingkungan kerja antara lain masih perlunya kebijakan yang berpihak terhadap berbagai isu gender, hambatan perempuan untuk menduduki posisi jabatan tinggi, bias yang sering terbentuk dalam alam bawah sadar sehingga mengakibatkan stereotype dan stigma pada perempuan,” ujar Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia Kemen PPPA, Indra Gunawan dalam sambutannya, Senin (29/1).

 

“Berbagai macam faktor itulah yang menyebabkan perempuan kesulitan memiliki peluang dan kesempatan untuk menempati posisi-posisi strategis atau kepemimpinan di dunia kerja. Oleh karena itu, diperlukan berbagai macam intervensi dalam memastikan bahwa perempuan memiliki akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat yang sama dengan laki-laki, salah satu nya adalah melalui program pelatihan berkesinambungan,” tutur Indra.

 

Lebih lanjut, Indra menekankan bahwa program pelatihan tersebut tidak hanya untuk mengedukasi terkait kesetaraan gender di dunia kerja, namun juga terkait perlindungan perempuan dan pemberdayaan perempuan yang menjadi hulu dari berbagai macam kompleksitas permasalahan yang dihadapi oleh perempuan dan anak. Indra berharap, melalui program pelatihan ini, para peserta mampu (1) memahami manfaat dan pentingnya budaya inklusif gender; (2) berbagi praktik baik, ide, dan inisiatif terkini yang mendukung budaya inklusif gender; (3) memahami tentang menciptakan budaya inklusif yang berdampak pada organisasi; dan (4) meningkatkan soft skill kepemimpinan seperti memotivasi, menginspirasi, dan strategi manajemen perubahan yang efektif yang membangun jalur kepemimpinan kepemimpinan.

 

Manager of Leadership and Diversity Programs Women’s World Banking, Elizabeth Ingerfield mengungkapkan, program pelatihan tersebut bertujuan untuk membekali para peserta dengan pengetahuan, sarana, dan rencana aksi untuk mempercepat kesetaraan gender di setiap instansi. Program pelatihan tersebut pun akan menunjang para peserta dalam mengembangkan inisiatif yang dapat diterapkan dalam mendukung kemajuan perempuan sebagai pemimpin.

 

“Kami akan memberikan ruang untuk menemukan dan mengungkap tantangan yang terjadi saat ini, menambah wawasan terkait peluang untuk mempercepat keberagaman gender pada Kementerian/Lembaga, dan peran para peserta sebagai pemimpin dalam proses perubahan ini sangatlah penting. Selama sesi pelatihan yang interaktif, kami juga akan membahas topik-topik termasuk kasus ketidaksetaraan gender, dampak bias gender yang tidak disadari terhadap manajemen talenta, dan keterampilan kepemimpinan untuk melibatkan pemangku kepentingan dan mendorong perubahan yang berarti,” ungkap Elizabeth.

 

Selama 4 (empat) hari program pelatihan, para peserta yang berjumlah 31 orang dan berasal dari berbagai Kementerian/Lembaga (K/L) mendapatkan paparan materi dan dialog interaktif bersama narasumber yang kompeten di bidangnya untuk membahas berbagai macam isu seperti kesetaraan, keberagaman, keadilan, dan inklusi gender; tantangan dan hambatan perempuan di dunia kerja; mengenali, merespon, dan mencegah kekerasan seksual di tempat kerja; berbagi praktik baik; hingga manajemen sumber daya manusia dan kepemimpinan. ( humas kemen pppa ) PN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button