Ketahanan Ekonomi dan Pusat Data Yang Terpusat

perempuannusantara.com .Yogyakarta – Praktisi dan pengamat kebijakan sosial, Saiful  SH ,menyampaikan bahwa ditengah fase pandemi menuju endemi sangat diperlukan ketahanan dalam segala aspek kehidupan mulai dari ekonom, sosial politik dan keamanan.

Oleh karenanya dalam menjamin keberlangsungan dan keberlanjutan ekonomi saat ini adalah perlunya pusat data dalam menjamin ketahanan tersebut terutama ketahanan informasi.

“Pemerintah telah menyiapkan semua itu di beberapa tempat, aman dan mudah di akses. Dengan harapan seluruh pusat data yang terpusat itu berada di wilayah Indonesia, ” ungkap Saiful dalam Diskusi Ndeso Berliterasi yang digelar Majapahit TV, dengan Tema KETAHANAN EKONOMI DAN PENTING NYA PUSAT DATA, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Selain Saiful, nara sumber lainnya ada Purwohadi Kusuma selaku tokoh adat, dan Triyamto, pengamat budaya, serta dipandu Host Vira Maya.

Masih disampaikan Saiful, seperti diketahui bahwa ketahanan ekonomi meliputi berbagai jenis mulai keluarga, masyarakat, nasional hingga internasional. Dalam ketahanan nasional, di era Presiden Joko Wdodo dinilainya tahan banting.

Pasalnya, negara lain terdampak resesi global sedangkan Indonesia karena memiliki regulasi yang kuat sehingga sektor paling bawa terutama UMKM terus berjalan.

“UMKM inilah sebagai modal dasar ketahanan ekonomi kita sehingga tidak terimbas dari resesi global seperti negara lain,” tegasnya.

Sementara itu Purwo Hadi Kusuma dalam paparannya menjelaskan saat ini semuanya serba baru terutama ekonomi digital. Sehingga hal ini memudahkan masyarakat untuk mempromosikan produk ekonominya.

Sedangkan Triyamto selaku pengamat budaya menambahkan kuatnya Indonesia ditengah gempuran Covid-19, tidak lain karena adanya
kesadaran kemandirian masyarakat Indonesia.

Terlebih kata Triyamto kebijakan ekonomi kerakyatan yang digagas Presiden Jokowi dinilai tepat dan sesuai dengan kultur masyarakat.

“Pemerintah juga mencanangkan pusat data di beberapa tempat dalam menjaga ketahanan data dan informasi tersebut, dan ini harus kita dorong dengan peran aktif semua pihak,” tandasnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button