Ketua JPKP Papua, Otonomi Papua Itu manfaatnya Besar Untuk Papua

 

perempuannusantara.com JAKARTA – Ketua JPKP Papua, Bonny Andreas Pantouw Mandolang mengatakan bahwa pembentukan daerah otonomi baru di Provinsi Papua pada prinsipnya adalah dalam rangka meningkatkan kemandirian sumber daya manusia dan pengelolaan keuangan agar mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Dengan adanya otonomi baru di Papua, tentu akan mewujudkan kemandirian bagi daerah otonom tersebut,” ucap Bonny dalam testomoni ” Daerah Otonom Baru Untuk Pemerataan Pembangunan dan Kesejahteraan Papua,” Senin, 25 Juli 2022.

Dikatakannya tujuan dari otonomi daerah adalah agar meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintah di daerah. Utamanya dalam aspek pelayanan dan pembangunan masyarakat. Selain itu dapat meningkatkan pembinaan kestabilan politik dan kesatuan bangsa.

Dijelaskan Bonny, pelaksanaan otonomi daerah telah memunculkan kesempatan identitas lokal yang ada di daerah tidak terkecuali di Papua. Berkurangnya wewenang dan kendali pemerintah pusat mendapatkan respon tinggi dari pemerintah daerah dalam menghadapi masalah yang berada di daerahnya sendiri.

Bahkan lanjutnya dana yang diperoleh lebih banyak daripada yang didapatkan melalui jalur birokrasi dari pemerintah pusat. Dana tersebut memungkinkan pemerintah lokal mendorong pembangunan daerah serta membangun program promosi kebudayaan dan juga pariwisata.

“Kebijakan-kebijakan pemerintah daerah juga akan lebih tepat sasaran dan tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga akan lebih efisien,” tegasnya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button