Pentingkah Literasi Ekonomi  Syariah Kini dan Nanti

Diskusi publik yang di selenggarakan oleh media literasi dan Informasi diantaranya: Majapahit tv, trenz indonesia, konsepnews, perempuan Nusantara, Berita Komite Investigasi negara, IndoCF.

Mengusung Tema Pentingkah Literasi Ekonomi syariah Kini dan nanti.
Nara Sumber:
Dr H.Subandi M.M
Direktur pasca sarjana IAIM NU metro lampung
Saiful SH
Pengamat
Inggar Saputra
Peneliti pendidikan
Ustad A fajri
Ulama
Di pandu oleh Zakiyah S.pd

Menurut Dr H subandi sistem ekonomi syariah terbilang unik, sistem tersebut mengajarkan nilai nilai yang sejalan dengan nilai kearifan lokal masyarakat Indonesia. Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia sudah sejak 30 tahun yang lalu, di mulai adanya Bank muamalat. Lalu sekarang lebih serius dengan adanya BSI bank syariah indonesia, pangsa ekonomi syariah secara nasional terus meningkat bahkan menguat di dukung dengan adanya UU ciptakerja walau di tengah pandemi covid-19.
Pertumbuhan sektor halal valuo chain terus mengalami peningkatan, dan mensuport nilai PDB negara kita.
Saya terus mendorong dan mendukung pemerintah pusat untuk terus memberikan fasilitas kepada pelaku ekonomi syariah. Dan perguruan tinggi islam yang memiliki fakultas ekonomi syariah.
Kebetulan di IAIM NU metro sudah ada program S2 ekonomi syariah.

Saiful SH menyampaikan Indeks literasi ekonomi islam atau ekonomi syariah saat ini 16 %. Literasi ekonomi syariah sangat penting, karena 87 persen penduduk indonesia adalah muslim.
Ada 2 faktor penggerak literasi ekonomi syariah:
1. Peran pemegang kebijakan / pemerintah kedepan lebih di prioritaskan melibatkan masyarakat di desa desa. Sebagai pelaku usaha ekonomi syariah dan bukan sebagai penonton saja.
2. Peran media berupa universitas, Pon Pes Masjid, universitas dan media elektronik. Pesantren Itu gudang nya ilmu ekonomi syariah, untuk membangun ekonomi syariah yang berkelanjutan.

Sementara inggar saputra M.si menyampaikan ekonomi syariah tentunya memiliki rintangan dan tantangan pemerintah pemangku kebijakan harus bisa memberikan solusi yang terbaik sesuai selera rakyat Indonesia.
Ekonomi syariah harus di fasilitasi oleh teknologi yang super canggih dan super instan melebihi instan nya pinjaman online.
Sehingga seluruh lapisan masyarakat bisa menikmati.

Ustad A fajri.S.pd
Pengasuh Pon Pes Alyajir
Berharap lapisan di bawah seperti pesantren kami bisa mendapatkan fasilitas untuk mandiri dan mengembangkan ekonomi syariah.
Potensi ekonomi syariah sangat luas sekali di lingkungan pesantren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button