PERAN KEARIFAN LOKAL DAN BUDAYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER KAMPUS MERDEKA

Media Literasi dan Informasi, diantaranya Majapahit TV, trenzindonesia, beritakin, konsepnews, Perempuannusantara, Indocf.

Mengadakan diskusi publik
Pada tanggal 11 januari 2022
Pukul 19.00 WIB
Yang dipandu oleh Zakiyah S.pd.

Dengan nara sumber:
Dr H. Ahmad Muslimin LC.MH (Wakil Rektor IAIMNU lampung)

Dr Susetya Herawati ST.M.Si
(Penggiat sosial dan budaya
Dari unkris)

Penanggap
INGGAR SAPUTRA M.Si
Peneliti
Ustad Ahmad Fajri S.pd
Tokoh Agama
Siti Mujawarah S.pd
Ketua Muslimat Oki

Dr H Ahmad muslimin menyampaikan bahwa,
– Kearifan lokal dalam Islam disebut adat istiadat, makna dasarnya adat itu positif dan kebaikan. Kita dapat menjaga tradisi lama yang baik, mengambil tradisi baru yang lebih baik.

– Kampus Merdeka Belajar dapat dimulai dengan pembentukan karakter di dalam kampus, antar prodi misalnya. Agar mahasiswa punya soft skill di luar kompetensi keilmuan kesehariannya.

Sementara Dr Susetya herawati menambahkan
– Kearifan lokal dalam kampus merdeka belajar harus mampu meningkatkan nilai ekonomis masyarakat melalui dukungan berkesinambungan yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi dan dunia usaha.

– Kita memasuki era disrupsi digital sehingga kearifan lokal dan budaya kita harus mampu menjaga nilai ketuhanan dan kebangsaan, tetapi di sisi lain harus mampu memecahkan masalah sosial ekonomi yang ada di masyarakat

Inggar Saputra Sebagai Penanggap, menilai
– Kearifan lokal di Indonesia harus mampu masuk di dalam kurikulum dan keseharian pembelajaran di kampus. Dalam kegiatan kampus dan keseharian mahasiswa, harus menjaga dan menghormati kearifan lokal yang berkembang di masyarakat sekitar kampus.

Sementara Ustadz Ahmad Fajri menambahkan
-Kearifan lokal Indonesia menyatu dengan semangat keagamaan dan kebangsaan dimana warisan leluhur kita dahulu mampu menyatukan itu semua dan selayaknya tidak dipertentangkan oleh generasi sekarang

Siti Mujawaroh penanggap terahir berpendapat.
-Kearifan lokal muncul dari banyaknya adat istiadat masyarakat, menyatu dengan budaya pada masyarakat lain lalu memunculkan nasionalisme dan menjadi hidup dalam kepribadian dan keseharian masyarakat di Indonesia.

Selengkapnya pembahasan diskusi tersebut, bisa disimak video dibawah ini yang hanya ada di channel youtube Majapahit TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button