Prabowo Tegaskan Prestasi kemenhan Sangat Jelas

perempuannusantara.com Jakarta Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto menyebut beberapa prestasi dan pencapaian Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI di bawah kepemimpinan dia sebagai menteri pertahanan. 

Prabowo menyebut pencapaian-pencapaian itu di antaranya terkait pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista), pembangunan rumah sakit (RS) militer, dan di bidang pendidikan pembentukan fakultas baru Universitas Pertahanan — kampus binaan Kemhan RI.

“Saya kira prestasi Kemhan sangat jelas di bawah kepemimpinan saya. Industri pertahanan kita, di dalam negeri, mendapat kontrak paling besar selama sejarah Republik Indonesia, mendekati 11 miliar dolar AS. Kemudian, industri pertahanan juga mulai mendapatkan laba yang juga cukup tersebar di republik ini. Kita punya terobosan-terobosan banyak. Kita bangun 25 rumah sakit di seluruh Indonesia dalam kurun waktu masa kepemimpinan saya, kemudian kita bangun empat fakultas di bidang sains, teknologi, engineering, matematika, fisika, kimia, biologi,” kata Prabowo saat jumpa pers selepas debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu.

Oleh karena itu, dia menilai narasi yang dibangun dua capres lainnya, yaitu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, saat debat tidak pas, karena beberapa narasi tidak berbasis data-data yang tepat. Prabowo juga menilai ada narasi-narasi yang menyesatkan, termasuk di antaranya soal pembelian pesawat bekas.

“Masalah barang-barang bekas itu juga menyesatkan. Alat perang itu usianya rata-rata 30 tahun, yang penting adalah usia pakai, flying hours, dan tentunya kita ingin yang terbaik, kita ingin yang termodern, tetapi kenyataannya kadang-kadang kita perlu untuk memiliki alat-alat untuk menutupi kekurangan sekarang,” kata Prabowo.

Dalam sesi debat, Ganjar dan Anies kompak mengkritik kebijakan pembelian alutsista bekas Prabowo. Keduanya menilai kebijakan itu berisiko terhadap keselamatan prajurit sebagai pengawak alutsista.

Prabowo pada tahun lalu berencana membeli 12 unit pesawat tempur Mirage 2000-5 bekas pakai Angkatan Udara Qatar demi mengisi gap sembari menunggu pesawat tempur baru Rafale yang diberi dari perusahaan Perancis Dassault Aviation. Prabowo, dalam beberapa kesempatan, menjelaskan rata-rata usia pesawat tempur Mirage 2000-5 itu masih 70 persen, karena baru terpakai 30 persen. Kira-kira, dia menyebut jam terbangnya masih ada 15 tahun lagi.

“Itu lah maksudnya kita mencari pesawat fighter (tempur) interim (sementara) yang bisa segera kita gunakan. Dan memang, tentunya pesawat Mirage 2000-5 tidak sama kecanggihan dan modernnya dengan Rafale. Ini Rafale kan teknologi terakhir, tetapi (Rafale dan Mirage) sama-sama buatan Dassault,” kata Prabowo dalam sesi jumpa pers di Jakarta pada 6 Juni 2023.

Debat ketiga Pilpres 2024, yang merupakan kelanjutan debat pertama pada 12 Desember 2023 dan debat kedua pada 22 Desember 2023, mengangkat isu-isu pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.( berbagai sumber ) PN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button